Selamat datang di glen's blog

Blog ini merupakan alternatif tempat saya menulis dan menyadur artikel-artikel favorit saya. Tulisan berkisar seputar teknologi informasi, musik, buku, pendidikan, dan juga seputar hoby saya menunggangi kuda besi, pejuang airsoftgun, dan . Opini saya tulis dalam Bahasa Indonesia.

Susahnya Menaklukkan Lembah

Susahnya Menaklukkan Lembah

attack-from-aboveHari Minggu kemarin kami dapat kesempatan untuk bisa ikut Joint Operation yang diadakan Paguyuban Airsoft Bandung. Bersyukur juga karena bisa silaturahmi dengan kawan-kawan dari klub lain yang jarang tatap muka. Baru kali ini ada kesempatan & waktu bisa bermain di Jayagiri, Lembang-Bandung. Jadi, ya ini betul-betul kesempatan perdana menjajal field Jayagiri.

Hari itu, Alhamdulillah, bisa digelar 2 skenario. Skenario pertama…ya biasalah…deathmatch sebagai warming up session. Nah, yang menarik itu justru di skenario kedua. Di sesi itu skenarionya adalah memperebutkan sebuah kantong kresek (bener2 nggak elit :D ) yang akan dipertahankan oleh kurang lebih 15 personil. Sementara hampir 20 personil lainnya harus merebut barang itu.
Ini skenario, menurut saya, biasa-biasa saja. Mirip-mirip Hamburger Hill. Yang menarik buat saya justru bukan di skenario, tetapi justru di kondisi field-nya. Jayagiri memiliki kontur field beberapa bukit kecil. Pohon didominasi Pinus & Bambu. Kerapatan pohon Pinus sangat rendah. Jadi prediksi saya moving target nggak akan banyak bergerak alias diam ditempat.
syeikh-pujiItu kondisi di atas bukit. Lain lagi begitu kita turun ke bawah. Lembah bukit membentuk parit/ alur sungai kecil yang dinaungi pohon Bambu yang sangat rapat. Nggak ada airnya kok…dan prediksi saya , saking rapatnya, pertempuran jarak dekat akan banyak mewarnai wilayah ini.
Nah, kalo Hamburger Hill semua orang nyerang bukit…nah kalo ini semua orang nyerang ke lembah. Kita lihat saja siapa yang menang.
Setelah 2 kubu mengambil posisi, game pun dimulai. Kebetulan saya ada di kubu offensive. Tugas pertama adalah mencari dimana kantong kresek sialan itu :D Tim offensive dibagi 2 kubu, utara & selatan. Saya join di sisi utara. Kawan-kawan yang bergerak lewat selatan mencoba turun ke kaki bukit & menyapu ke arah utara. Di tengah game saya baru tau kalo ada juga yang naik bukit seberang untuk flanking.
Sayang, 2 tim ini nggak dibekali radio…jadi susah buat koordinasi. Buat menggeser satu unit saya harus lari-lari & sebar informasi. Cape juga :D
Lewat recon sederhana akhirnya si kantong plastik kresek itu ketemu juga. Posisinya ada di lembah…dan sialnya, dipasang di tempat terbuka. Hasil recon negatif! Posisi musuh betul-betul nggak ketauan. Cuma satu-dua personil yang sembunyi di area terbuka…sisanya raib entah kemana. Ini sulit buat mengambil langkah-langkah.
Akhirnya di sayap utara kami mencoba memancing respon lawan dengan membentuk shaf sepanjang bukit & turun pelan-pelan sambil melepas tembakan ke bawah. Karena kita ada di tempat terbuka mau nggak mau harus tiarap terus. Ternyata manuver ini nggak berhasil. Banyak yang jatuh korban (incl. saya sendiri). Kawan-kawan yang sudah turun harus kembali ke posisi semula (puncak bukit). Posisi terlalu terbuka.
sniping-from-belowPerkiraan kami, sebagian besar kekuatan musuh berkumpul di hutan bambu. Posisinya sekitar 30-40 meter persis dibawah posisi kami. Kemiringan cukup curam. Sangat cerdas memilih lokasi ini. Ada beberapa alasan :
  1. Posisinya tercover dengan baik karena vegetasinya sangat rapat. Sulit bisa ditembus oleh bb. Tau sendiri deh yang namanya bambu. Ranting bambu itu kerasnya minta ampun. Beda dengan ranting herba/ perdu lain.
  2. Pencahayaan. Kita semua tau yang namanya hutan Bambu itu pencahayaannya minim. Konsepnya mirip gorden di rumah kita. Kita yang di dalam bisa melihat keluar sementara orang-orang diluar nggak bisa liat kita. Kita yang ada di luar hutan sangat sulit melihat situasi dalam hutan. Bahkan untuk lihat siluet musuh aja susahnya minta ampun. Sementara kebalikannya, orang-orang yang bersembunyi di dalamnya sangat mudah memantau pergerakan kita yang ada di luar.

Keliatannya kawan2 belum menyerah. Upaya infiltrasi terus dilakukan dari beberapa arah, ditambah tembakan2 ngawur dari atas bukit. Lumayan ada yang kena!
Saya sendiri memberanikan infiltrasi ke hutan bambu. Itupun sambil merayap pelan. Nggak berani terlalu gegabah. Dan itupun disupport oleh kawan dari uphill dengan automatic fire untuk mengalihkan perhatian. Akhirnya saya berhasil juga masuk.
Dikarenakan waktu habis & nasi liwet sudah nunggu dari tadi :D akhirnya game diakhiri. Upaya tim offensive pun gagal. Saya malah di HIT di pantat (perih & pedes campur jadi satu:D).
Lewat game ini saya dapat banyak pelajaran dari sini. Seharusnya strateginya seperti berikut :
  • Bagi tim jadi dua unit : unit infiltrasi, unit suppressor & unit back up.
  1. Unit infiltrasi : mengeksekusi misi infiltrasi/penyusupan. Kirim beberapa unit kecil untuk menyusup masuk ke dalam hutan bambu. Sebaiknya masuk dari segala arah. Lakukan sesenyap mungkin. Nggak semua orang bisa melakukan ini jadi team leader harus kenal betul siapa saja kawannya yang punya spesialisasi dalam hal ini.
  2. Unit suppressor : mengeksekusi misi suppressing/ menekan. Tempatkan sebagian besar personil di atas bukit, tugasnya menghujani suspect area dengan tembakan. Entah kena entah tidak…yang penting silakan obral bb disini :D (pasti pada mau join tim ini deh :D )
  3. Unit Back Up : bertugas menjaga garis belakang pertahanan kalo-kalo ada musuh yang usil menyergap dari belakang :D Untuk unit ini 1-2 orang juga udah cukup. Karena biasanya hanya sedikit jumlah musuh yang membokong :D
  • Kirim unit infiltrasi masuk ke dalam. Penting sekali membekali setiap unit dengan radio. Setiap unit infiltrasi tidak diperkenankan menginisiasi serangan tanpa seijin team leader.
  • Lalu team leader mengizinkan unit suppressor melancarkan serangan. Tapi jangan terlalu intensif. Cukuplah buat memecah konsentrasi musuh di bawah sana.
  • Setelah seluruh unit infiltrasi on position, team leader langsung menginstruksikan unit suppressor melancarkan tembakan serentak ke arah suspect area. Heavy fire gitulah :D Harapan kita, serangan besar-besaran ini bisa membuyarkan konsentrasi musuh…sukur2 banyak yang HIT :D
  • Langkah selanjutnya, kita serahken pada unit infiltrasi. Unit ini silakan manuver lebih jauh supaya bisa memfreeze atau hit musuh di dalam kandang mereka.
Sori ya kepanjangan. Biasa lah habis main game selalu pulangnya mikir,”kenapa bisa gagal?”. Next game lakukan skenario yang sama & terapkan langkah-langkah tadi. Ulangi terus…sampe bosen & sampe semua strategi & skill terasah baik.

Over & Out!!

0 komentar:

Posting Komentar

Harga Blog Ku!!

anda pengunjung yang ke

cluster map

Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

free counters

mesin waktu

/dragon3.an

kamus

Cari Blog Ini

jadwal Shalat

ym