Selamat datang di glen's blog

Blog ini merupakan alternatif tempat saya menulis dan menyadur artikel-artikel favorit saya. Tulisan berkisar seputar teknologi informasi, musik, buku, pendidikan, dan juga seputar hoby saya menunggangi kuda besi, pejuang airsoftgun, dan . Opini saya tulis dalam Bahasa Indonesia.

membuat aquascape


2007_1002_tank
Oleh: Riza Rahman Hakim
Sekilas bila melihat aquascape terbesit dipikiran kita bahwa membuat aquascape adalah sulit dan membutuhkan seni yang tinggi. Sebenarnya itu wajar bagi orang yang pertama kali melihat/kenal aquascape. Akan tetapi bila mempelajari dan sering mencoba mendesain aquascape, maka akan terasa mudah bahkan akan menemukan gaya tersendiri dalam mendesain. Aquascape juga bukan barang baru di dunia perikanan.
Sejak lima tahun terakhir, aquascape sudah menjadi perbincangan yang hangat di kalangan para hobiis ikan hias. Sehingga bisa dimaklumi jika semua hal yang berkaitan dengan aquascape seperti tanaman, ikan, batu hias, kayu hias, pasir, dll, menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis tinggi.  Sudah saatnya sekarang beralih dari akuarium biasa yang tanpa tanaman asli ke aquascape yang penuah nuansa alaminya. Dibawah ini adalah langkah-langkah dalam mendesain aquascape:
  1. Meletakkan akuarium ditempat yang datar
  2. Mencuci pasir sampai benar-benar bersih, hingga debu halus tidak terlihat lagi
  3. Menaburkan sebagian pasir ke dalam akuarium
  4. Menaburkan pupuk tipis tapi merata
  5. Mengaduk pasir dan pupuk, kemudian diratakan
  6. Memasukkan sisa pasir yang bersih di atas campuran tadi, sambil membuat kontur. Bagian depan minimum 5 cm, kemudian makin belakang makin tinggi.
  7. Memasukkan ornamen batu atau kayu yang telah dicuci sebelumnya. Usahakan sealami mungkin sehingga tidak terkesan kaku
  8. Mengisi akuarium dengan air sebanyak ½ volume akuarium. Pengisian dilakukan dengan memberikan tatakan plastik atau piring agar tidak merusak permukaan pasir serta membuat membuat air menjadi keruh
  9. Mempersiapkan tanaman yang akan dipakai, dan lakukan penanaman sesuai dengan lay out yang diinginkan
  10. Mengisi air kembali hingga penuh dan memasang seluruh instalasi, seperti filter dan lampu

0 komentar:

Posting Komentar

Harga Blog Ku!!

anda pengunjung yang ke

cluster map

Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

free counters

mesin waktu

/dragon3.an

kamus

Cari Blog Ini

jadwal Shalat

ym