Selamat datang di glen's blog

Blog ini merupakan alternatif tempat saya menulis dan menyadur artikel-artikel favorit saya. Tulisan berkisar seputar teknologi informasi, musik, buku, pendidikan, dan juga seputar hoby saya menunggangi kuda besi, pejuang airsoftgun, dan . Opini saya tulis dalam Bahasa Indonesia.

manfaat hewan peliharaan bagi kesehatan

Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Kesehatan


Anda pasti akan bertanya apa hubungannya antara hewan peliharaan dengan kesehatan. Banyak yang berpendapat bahwa hewan peliharaan malah dapat menyebabkan penyakit. Tapi sebelum buru-buru menyimpulkan, anda perlu membaca artikel ini kalau ternyata dengan memelihara hewan dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh maupun jiwa kita.


Apakah anda termasuk seorang yang suka dengan hewan peliharaan? Ataukah sebaliknya? Apabila anda dihadapkan dengan kata-kata hewan peliharaan pasti yang terbayang di pikiran anda adalah kotoran yang harus dibersihkan setiap hari. Belum lagi penyakit yang bisa disebabkan oleh hewan peliharaan tersebut. Pendapat itu tidak ada salahnya, tetapi mari kita melihat dari sisi lain. Kotoran yang harus dibersihkan setiap hari dapat mengajarkan pemelihara untuk lebih bertanggung jawab. Itu baru satu contoh, berikut ini saya akan berikan beberapa manfaat dalam memelihara hewan peliharaan:
  • Dapat menghilangkan stress, terkadang melihat tingkah laku hewan yang lucu membuat kita tertawa sendiri. Bahkan tidak sedikit para pemelihara binatang memperlakukan peliharaannya layaknya anaknya sendiri.Untuk hewan peliharaan seperti ikan dapat menghadirkan suasana ruangan yang menenangkan dengan keragaman warna dari hewan tersebut.
  • Mengajarkan tanggung jawab, seperti yang saya katakan di atas bahwa dengan memelihara hewan peliharaan otomatis kita memiliki tanggung jawab untuk merawatnya dan memberinya makan. Pada umumnya seseorang yang menginginkan hewan peliharaan akan berkomitmen kepada dirinya sendiri untuk merawat peliharaan tersebut dengan sebaik-baiknya.
  • Menyehatkan, seseorang yang memiliki hewan peliharaan pada umumnya sangat memperhatikan kesehatan dan kebersihan dari peliharaannya itu. Pada hewan peliharaan tertentu vaksin sangat dibutuhkan untuk menghindarkan dari penyakit. Dengan menerapkan pola hidup sehat pada peliharaannya otomatis pemelihara sendiri juga menerapkan pola hidup sehat pada dirinya sendiri. Untuk hewan seperti anjing, pemeliharanya dapat memanfaatkan anjing sebagai teman sewaktu berolahraga (joging, bersepeda). Karena anjing membutuhkan olahraga yang rutin untuk menjaga kondisi tubuhnya.
  • Membantu proses belajar anak, menurut penelitian yang dilakukan Bob Poresky, seorang sosiolog dari Kansas State University pada tahun 1988, kemampuan intlegensi anak dapat meningkat dengan memiliki hewan peliharaan. Memiliki hewan peliharaan dapat mengajarkan anak tentang banyak hal seperti mengenal berbagai macam hewan dan bentuknya, sekaligus mempelajari kehidupan hewan dari dekat. Selain itu memiliki hewan peliharaan dapat mengajarkan anak untuk berempati. Anak-anak dalam memperlakukan hewan seringkali dengan cara yang salah. Dengan memiliki hewan peliharaan, anak dapat diajarkan bagaimana memperlakukan hewan peliharaan dengan benar.
Dalam memelihara hewan perlu diperhatikan situasi dan kondisi anda. Apakah anda memiliki ruang yang cukup di rumah anda untuk memelihara hewan? Apakah anda memiliki seorang bayi yang rentan akan penyakit? Apakah ada anggota keluarga yang memiliki alergi terhadap bulu binatang? Apakah anda mempunyai biaya yang cukup untuk merawat hewan peliharaan tersebut? Semua pertanyaan tersebut sebaiknya anda perhatikan baik-baik. Karena memelihara binatang tanpa mengetahui konsekuensinya dapat membuat kualitas hidup anda menurun.

Perlu diperhatikan juga tentang perilaku hewan peliharaan. Ada beberapa hewan peliharaan yang tidak cocok untuk dipelihara didalam rumah karena perilakunya yang cenderung merusak. Anda tidak mau melihat kursi sofa anda hancur digigit anjing kesayangan anda bukan??

Saat ini banyak hewan yang bisa dijadikan peliharaan didalam rumah. Berikut ini adalah beberapa hewan peliharaan yang cocok untuk dipelihara di rumah anda; anjing, kucing, hamster, ikan, iguana, kura-kura, burung, dan masih banyak lainnya. Pelajarilah perilaku hewan-hewan tersebut sebelum meutuskan untuk memeliharanya.

Jangan sampai lupa dalam memberi makan 'si Manis', nanti dia keburu pasang wajah memelas seperti ini... ^ ^

0 komentar:

Posting Komentar

Harga Blog Ku!!

anda pengunjung yang ke

cluster map

Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

free counters

mesin waktu

/dragon3.an

kamus

Cari Blog Ini

jadwal Shalat

ym